CAD (Computer Aided Design) Clash Detection

Clash detection adalah proses analisa untuk mengidentifikasi tabrakan antar komponen / obyek pada sebuah desain (format 3 dimensi). Tabrakan antar obyek pada sebuah desain mungkin terjadi karena beberapa hal:

  1. Kekurangcermatan dalam proses desain
  2. Proses desain dilakukan oleh banyak orang sekaligus di mana pekerjaan masing-masing perancang tidak terkoordinasi dengan dengan baik

Proses desain tidak mempertimbangkan obyek existing di lapangan, atau obyek existing tidak terdokumentasi dengan baik (tidak terbarui)

Proses Clash Detection WAJIB dilakukan pada setiap pekerjaan perancangan, untuk mengurangi risiko kesalahan tabrakan obyek pada tahapan konstruksi di lapangan. Dengan Clash Detection pada tahap perancangan, kerugian besar akibat kesalahan yang terjadi pada proses pemasangan/instalasi dapat diminimalkan.

Saat ini, proses proses Clash Detection sudah dapat dilakukan secara otomatis (dengan cara yang sangat mudah) oleh banyak software CAD, misalnya Autocad,  Revit, Navisworks Manage, dll. Beberapa software bahkan mengembangkan analisa Clash Detection yang dilengkapi dengan sistem laporan yang baik dan komprehensif untuk kemudahan pengambilan keputusan.  Dengan software yang dilengkapi perintah Clash Detection, dan dibantu dengan gambar existing terbaru, efisiensi pekerjaan desain akan meningkat.

Contoh Clash Detection pada

AutoCAD :

Desain penambahan pipa baru (deretan pipa berwarna putih) di atas existing facility

Dengan menggunakan perintah INTERFERE, AutoCAD akan menampilkan obyek atau komponen yang bertabrakan antara pipa desain baru dengan obyek existing

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to admin@dutabasis.com

× How can I help you?